UNSUR-UNSUR DALAM ORGANISASI UMUM
v Manusia(man) :
dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau
personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang
menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari pimpinan(administrator)
sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin
tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas
dan fungsinya, dan para pekerja.
v Kerjasama(team work) :
suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi yang
dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu,
anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas
dan tingkatannya masing-masing.
v Tujuan bersama :
adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir
dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota
sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi
tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
v Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
v Lingkungan(environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
· Kondisi
atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi
berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat
hubungannya dengan organisasi dan anggotanya
· Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi
· Wilayah
operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi
dibagi menjadi empat, yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah
personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan
v Kekayaan alam yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll
v Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri
Pada
hakikatnya setiap organisasi mempunya visi dan misi yang sama Jika
tidak maka bisa hancur suatu oraganisasi itu . Juga organisasi biasanya
dipimpin oleh seorang ketua yang mempunya mandate besar dalam
pengembangan dan ke eksisan organisasi tersebut.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Menyangkut
hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang
yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai
tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau
lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian
tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur
tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang
bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Ø TEORI ORGANISASI
Teori
organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan
fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh
orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja
mereka. [3]
Teori
organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat
atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih
berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.
Atmosudirjo mengemukakan bahwa teori organisasi modern dalam ilmu administrasi dapat dibagi menjadi lima golongan,
yaitu : (1) teori organisasi klasik (2) teori hubungan antar manusia
(3) teori proses (4) teori perilaku dan (5) teori sistem (The System
theory of Organization)
KESIMPULAN
Organisasi
adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama
dalam ilmu-ilmu social , organisasi di pelajari oleh periset dari
berbagai bidang ilmu, terutama sosiologo, ilmu politik, ekonomi,
psikologo dan manajemen . kajian mengenai organisasi sering disebut
studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).
Secara
garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang,
kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga unsure tersebut saling
berhubungan dan merupakan satu kesatuan.
Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dana saling melengkapi.
Terdapat
berbagai macam organisasi dari segi memandangnya , macam-macam
organisasi dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah puncak
pimpinan, segi keresmian, segi tujuan , segi wilayah, segi social, dan
segi bentuk.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar