Selasa, 12 Juni 2012

(26 Tugas) Ciri-ciri sebuah organsasi modern (bunga sarah permata sari 1db16 31111558)

Latar belakang
organisasi adalah salah satu aspek yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat namun tidak semua orang mengetahui tentang arti atau pengertian organisasi,teori organisasi dan tipe-tipe dari organisasi tersebut karena sebenarnya ada berbagai macam organisasi tergantung dari sudut mana kita melihatnya,disini saya mencoba menjelaskan tentang apa itu organisasi ,tipe-tipe dari organisasi ,macam organisasi dan yang lainya
Pengertian organisasi
organisasi adalah salah satu wadah bagi orang-orang yang memiliki satu pemikiran untuk saling bekerja sama secara rasional dan sistematis serta memanfaatkan sumber daya dalam mencapai suatu tujuan,,menurut beberapa ahli terdapat perbedaan pendapat tentang pengertian organisasi diantara para ahli tersebut yang saya dapatkan dari http://id.awikipedia.org adalah sebagai berikut
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
James D. Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
Chester I. Bernard
berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
namun bila dirangkum dari ke semua pendapat para ahli tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki satu visi dan misi yang jelas yang ingin bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan.
dalam organisasi ada ciri-ciri yang dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman dan patokan serta tanda untuk menjalankan sebuah organisasi modern diantaranya adalah :
  1. organisasi bertambah besar
  2. pengolahan data semakin cepat
  3. penggunaan staff semakin intensif
  4. kecenderungan spesialisasi
  5. adanya prinsip-prinsip atau azaz-azaz organisasi
  6. unsur-unsur organisasi lebih lengkap
di atas disebutkan tentang unsur-unsur organisasi yang semakin legkap,unsur -unsur organisasi itu sendiri adalah
  1. manusia
  2. kerjasama
  3. tujuan bersama
  4. peralatan
  5. lingkungan
  6. kekayaan alam
  7. kerangka/konstruksi mental organisasi
namun dari ke tujuh unsur tersebut ,unsur-unsur yang paling penting adalah manusia,kerjasama dan tujuan bersama yang ingin dicapai dari orang-orang yang bergabung dalam organisasi tersebut.
Teori organsisasi
terdapat berbagai teori-teori tentang organisasi dan semuanya tidak ada yang mutlak karena antara teori organsisasi yang satu dengan yang lainya saling melengkapi,dan berikut ini adalah teori-teori organisasi
teori organisasi klasik (teori tradisional)
Teori organisasi klasik mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan wewenang , tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terdapat bila orang-orang bekerja bersamaTeori organisasi ini terdiri atas
1.teori birokrasi
2.teori administrasi
3.teori manajemen ilmiah
Teori birokrasi dipelopori oleh max weber, menurut max weber birokrasi mempunyai karakteristik tertentu yaitu:
1. Pembagian kerja yang jelas
Pembagian kerja atau spesialisasi harus sesuai dengan kemampuan seseorang.
2. Hierarki wewenang dirumuskan dengan baik
Sentralisasi kekuasaan berdasarkan suatu hierarki dengan pemisahan jelas peringkat atas dan bawah.
3. Program rasional untuk mencapai tujuan
Seleksi dan promosi personalia didasarkan atas kecakapan teknis, dan pendidikan latihan serta persyaratan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pelaksanaan tugas.
4. Sistem dan prosedur bagi penanganan situasi kerja
Perlu catatan tertulis demi kesinambungan, keseragaman dan transaksi.
5. Sistem aturan yang mencakup hak-hak dan kewajiaban-kewajiban posisi para pemegang jabatan.
6. Hubungan antar pribadi bersifat normal
Ada pemisahan antara masalah pribadi dengan masalah formal organisasi.
Teori organisasi neo klasik
Teori Organisasi Neo-Klasik memperbaiki beberapa kekurangan yang terjadi pada teori
organisasi klasik, diklaim oleh penganut teori ini sebagai pengenalan studi perilaku yang
diintegrasikan ke dalam teori organisasi. Penganut teori neo-klasik secara umum
mengidentifikasikan pergerakan hubungan manusia. Studi perilaku yang paling
menginspirasi teori tersebut adalah studi Howthorne yang dilakukan oleh Elthon Mayo
(1880-1949).
teori organisasi modern
semua unsur dalam organisasi saling ketergantungan dan bersatu
mengatakan bahwa Teori Organisasi Modern merupakan teori yang mendekati masalah sebagai suatu sistem keseluruhan, memperhatikan berbagai variabel, dan memahami adanya proses dinamis.
Teori Organisasi Modern membicarakan sistem dan ketergantungan bagian, organisasi formal, organisasi informal, struktur status dan peranan, dan lingkungan fisik. Selain itu dikemukakan pula proses hubungan dalam sistem dan tujuan organisasi.
Tipe organisasi
1.piramida mendatar.
Cirinya adalah jumlah satuan organisasinya tidak banyak sehingga tingkat hirarki kewenanganya sedikit
sedangkan jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak selain itu.format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil
2. piramida terbalik
salah satu unit dari tipe piramida terbalik ialah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi - organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/lembaga -lembaga penelitian, lembaga -lembaga pendidikan.
3.tipe kerucut
ciri dari organisasi tipe ini adalah :
Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyakdan rentang kendali sempit,Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/pimpinan yang bawah/rendah sedangkan Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh namun jumlah informasi jabatan cukup besar.
Macam-macam organisasi
Organisasi Niaga
Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan
Macam-macam Organisasi Niaga
1.Perseroan Terbatas (PT)
2.Perseroan Komanditer (CV)
3.Firma (FA)
4.Koperasi
5.Join Ventura
6.Trus
7.Kontel
8.Holding Company
Organisasi Sosial Organisasi
adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
a.Jalur Keagamaan
b.Jalur Profesi
c.Jalur Kepemudaan
d.Jalur Kemahasiswaan
e.Jalur Kepartaian & Kekaryaan
Organisasi Regional & internasional
Organisasi Regional
organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja

International
anggotanya meliputi negara di dunia
kesimpulan
dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa ada berbagai macam pendapat tentang pengertian organisasi namun semuanya mengarah atau menjuru pada satu hal yaitu tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki satu visi dan misi yang jelas untuk mencapai sebuah tujuan,di dalam organisasi juga terdapat teori-teori organisasi yaitu teori organisasi klasik,neo klasik dan modern yang kesemuanya memiliki ciri khasnya masing-masing
tipe organisasi ada yang berupa piramida mendatar piraida terbalik dan kerucut dimana ada keungulan dan kekurangan dari setiap tipe organisasi tersebut,,selain tipe ada pula macam organisasi berdasarkan tujuan dari organisasi itu sendiri diantaranya organisasi niaga yang tujuanya untuk mencari keuntungan,organisasi sosial masyarakat yang tujuanya untuk kegiatan kemasyarakatan
dan yang terakhir adalah organisasi regional dan internasioal

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar