Selasa, 12 Juni 2012

(30 Tugas) Komunikasi Dalam Organisasi (bunga sarah permata sari 1db16 31111558)

Komunikasi Dalam Organisasi

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain
Unsur-unsur Komunikasi
Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
  1. Komunikator
  2. Menyampaikan berita
  3. Berita-berita yang disampaikan
  4. Komunikasi
  5. Tanggapan atau reaksi
Bagaimana Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi
Hambatan-Hambatan Komunikasi
  1. Hambatan yang bersifat teknis
  2. Hambatan semantik
  3. Hambatan perilaku
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi :
1. Dari segi sifatnya :
  • Komunikasi Lisan
  • Komunukasi Tertulis
  • Komunikasi Verbal
  • Komunikasi Non Verbal
2. Dari segi arahnya
  • Komunikasi Ke atas
  • Komunikasi Ke bawah
  • Komunikasi Diagonal Keatas
  • Komunikasi Diagonal Kebawah
  • Komunikasi Horizontal
  • Komunikasi Satu Arah
  • Komunikasi Dua Arah
3. Menurut Lawannya :
  • Komunikasi Satu Lawan Satu
  • Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
  • Kelompok Lawan Kelompok
4. Menurut Keresmiannya :
  • Komunikasi Formal
  • Komunikasi Informal
Komunikasi Informal
  • Komunikasi Informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.
  • Komunikasi informal (the grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas – desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalamsuatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.
  • Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seseorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas-desus yang meresahkan karyawan)
Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi

Sumber :dhiazaditya0606.wordpress.com/tag/teori-organisasi-umum-1/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar