Jumat, 11 Mei 2012

(11 tugas) sifat organisasi informal

Sifat organisasi informal :
Beberapa alasan kemunculan organisasi informal itu menyebabkan sifat organisasi informal adalah sebagai berikut :
1.    hubungan didalamnya lebih bersifat spontan dan tidak terorganisir
2.    Kepemimpinan organisasi seperti diantara dua pilihan apakah organisasi tersebut formal atau tidak
1.    Tidak bertitik-tolak pada pengendalian manajemen seperti dalam organisasi formal
Perbedaan Organisasi formal dan Organisasi informal
Berdasarkan Hubungan Antar Pribadi
•    Dalam organsiasi formal hubungan antar orang ditentukan oleh aturan dan struktur yang diikuti dan dijalankan organisasi.
•    Dalam organisasi informal hubungan antar pribadi lebih tergantung pada kebutuhan anggota, karena anggota dan keterikatan diantara mereka saat mereka memiliki keinginan dan harapan yang sama merupakan hal yang paling penting, Tanpa ada kepentingan dan keinginan yang sama maka hal ini tidak akan terjadi
Berdasarkan Kepemimpinan
•    Dalam organisasi formal proses mendapatkan pemimpin melalui penetapan dari pemberi kewenangan dan ditunjuk oleh atasannya. Tanpa penetapan dan penunjukkan dari orang yang punya kewenangan maka kepemimpinannya akan dianggap tidak sah.
•    Dalam organisasi informal status kepemimpinan tidak melalui penunjukkan, namun melalui mekanisme pemilihan. Seseorang yang berkarisma, yang punya jiwa kepemimpinan dan menonjol diantara anggota organisasi akan muncul dan kemunculannya ini akan memberinya peluang dan jalan untuk dipilih anggota organisasi lainnya. Sehingga ia akan terpilih sebagai pemimpin organisasi informal.
Berdasarkan Pengendalian perilaku
•    Dalam organisasi formal proses pengendalian perilaku berdasarkan pada hubungan yang diciptakan berdasarkan struktur organisasi yang berjalan. Sehingga bagaimana kita berperilaku tergantung dari bagaimana struktur mengatur posisi mereka.
•    Dalam organisasi informal proses pengendalian perilaku dilakukan dengan mengendalikan berdasarkan seberapa banyak keinginan dan harapan anggota organisasi informal ini bisa dipenuhi. Semakin besar kebutuhan dan keinginan anggota terpenuhi, makin mudah mengendalikan perilaku anggota organisasi informal.
Berdasarkan Ketergantungan
•    Dalam organisasi formal keteregantungannya tinggi di dalam organisasi. Hal ini disebabkan setiap anggota organisasi sangat menyadari bahwa tanpa organisasi mereka tidak akan mendapatkan apapun, atau tidak akan bisa survive. Sehingga ketergantungan anggota organisasi pada organisasinya lebih besar.
•    Dalam organisasi informal anggota organisasi tidak tergantung pada organisasi informalnya, hal ini disebabkan ketika anggota organisasi sudah merasa cukup terpenuhi keinginannnya atau bahkan kecewa, maka tidak ada hal yang membebani atau kewajiban tertentu yang menyebabkan dia tidak bisa keluar. Anggota organisasi boleh keluar dari organisasi. Oleh karenanya ketergantungan pada organisasi informalnya tidak ada.
Kelebihan dan kelemahan organisasi informal :
Setelah dibahas mengenai apa itu organisasi informal, mempelajari penyebab dan alasan organisasi informal muncul, sifat,  dan perbedaan organisasi formal dengan organisasi informal, kita dapat lebih memahami keberadaan organisasi informal.
Kelebihan yang dimiliki oleh organisasi informal adalah sebagai berikut :
1.    Memberi dukungan terhadap tujuan organisasi
2.    tambahan bagi komunikasi (melengkapi perusahaan dengan jalur komunikasi tambahan)
3.    alat pemuas kepentingan sosial (organisasi informal memiliki fungsi penting, yaitu sebagai pemersatu dan memberi ketenangan bagi individu)
4.    kompensasi bagi manajer yang kurang memiliki kapabilitas
Kelemahan yang dimiliki oleh organisasi informal adalah sebagai berikut :
1.    desas-desus/kabar angin (bisa mengakibatkan hal yang negatif, apalagi jika penyebarannya bersifat destruktif (menghancurkan), menimbulkan ketidakpastian dan berbentuk penyimpangan
2.    Daya tahan terhadap perubahan, apalagi jika organisasi tidak siap berubah
3.    Penyesuaian kelompok (akan jadi pengganggu jika standart kelompok lebih rendah dibanding organisasi formal, karena akan menurunkan standar dan kualitas organisasi formalnya)
Jadi dapat disimpulkan bahwa organisasi informal adalah penggabungan kegiatan pribadi tanpa maksud tujuan tertentu yang disadari tetapi terkadang memberikan sumbangan untuk pencapaian tujuan organisasi formal.

sumber:www.manajemenn.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar