Kamis, 12 Januari 2012


TUGAS 4
1. Seorang pemimpin mempunyai tugas dan peranan di dalam mengarahkan dan mempengaruhi. Jelaskan apa yang diarahkan dan harus dipengaruhi oleh seorang pemimpin !
2. Didalam melakukan kegiatan pengendalian seorang pimpinan perlu memiliki standar penilaian terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Standar apakah yang digunakan oleh pimpinan Universitas Gunadarma dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan ? jelaskan jawaban anda !
3. Seorang karyawan yang sebelumnya sangat antusias dalam bekerja dalam suatu tim yang menangani suatu proyek tiba tiba menjadi begitu apatis bahkan meminta mundur dari tim proyek, padahal karyawan tadi kontribusinya cukup besar bagi suksenya proyek tersebut.
Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira kira mengapa hal tersebut bisa terjadi ? bila anda sebagai penangung jawab proyek apa yang semestinya anda lakukan ?
JAWAB:

1. Kepemimpinan itu melibatkan orang lain baik itu bawahan maupun pengikut, kepemimpinan melibatkan pendistribusian kekuasaan antara pemimpin dan anggota kelompok secara seimbang karena anggota kelompok bukanlah tanpa daya, adanya kemampuan untuk menggunakan berbagai bentuk kekuasaan yang berbeda-beda untuk mengevaluasi efektivitas kepemimpinan sering dikaitkan dengan konsekuensi dan tindakan-tindakan pemimpin tersebut bagi para pengikutnya dan para stakeholder lainnya.
Dan uraian di atas secara konseptual disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan mengarahkan dan mempengaruhi kelompok maupun individu yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan, melalui: (1) program /rencana yang jelas dan kongkrit, (2) membuat prosedur kerja,(3) membina, (4) membangun kerjasama dengan unit kerja terkait, (5) perhatian pada bawahan/ berpartisipasi pada bawahan.
2. Standar pengajaran yang dimana standar pengajaran ini bertujuan untuk mengetahui materi apa yang harus ditambah maupun tidak ada dalam proses mengajar sehingga materi yang di terima oleh mahasiswa dapat diterima dengan baik.masih banyak lagi standar yang digunakan oleh pimpinan gunadarma dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan antara lain:
standar keamanan
standar ketertiban
standar karyawan
3. .menurut saya mungkin dia tidak nyaman bekerja pada proyek tersebut.bila saya sebagai penanggung jawabnya saya akan menanyakan kenapa dia mengundurkan diri dan saya akan berusaha untuk membujuknya karena dia cukup berperan besar pada proyek tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar